Masyaallah Ini Ternyata Manfaat dan Rahasia Air Zam-Zam



Beberapa hari yang lalu saya ziarah ke seorang kawan yang baru saja datang dari Umroh. Dia banyak bercerita tentang perjalanan umrohnya. Menurutnya unroh saat ini sangat istimewa, karena bisa mengajak keluarga. Hal yang paling menyenangkan adalah bisa mengajak ibu untuk umroh. 

Walaupun usianya sudah lebih dari kepala tujuh, ibuku sangat bersemangat dalam mengikuti ibadah, baik di makah maupun di madinah. Walaupun kami harus mendorongnya untuk thowaf tapi saya memiliki kebahagiaan tersendiri.

Ini tentunya berbeda dengan umroh yang sebelumnya pernah saya lakukan. Karena dahulu saya sendirian, saya bisa semau saya melakukan apa saja yang saya inginkan. Namun kata seorang teman, karena saya membawa ibu, ganjaran saya ya paling banyak karena bisa mengajak ibu. Tidak semua orang bisa mengajak ibu untuk beserta dalam menjalankan ibadah umroh.

Pada saat itu ada cerita menarik dari seorang kawan yang sudah umroh sebelumnya yang kebetulan datang ke tempat itu bersamaan dengan saya. Dia mulai menceritakan seorang kawannya yang sudah berkali-kali melaksanakan umroh. Mulai dari umroh sendiri sampai dengan umroh dengan keluarga. Namun menurut kawan yang satu ini umroh sendiri itu memang sangat nikmat, karena bisa melakukan sesuka hati. Namun sebelum itu memang harus umroh bersama keluarga biar tahu sensasinya.

Seorang kawan yang sudah umroh berkali-kali itu pernah bercerita bahwa dia sempat pernah masuk kelorong sumur zam-zam.  Dia sama sekali tidak berfikir bahwa akan ditangkap oleh polisi di arab. Namun dia hanya spontan saja melakukannya. Kalu mencium Hajar Aswad itu sudah banyak yang melakukannya, namun dia masuk ke sumur Zam-zam yang dahulum sempat jadi tempat penyembuhan ketika nabi sedang terluka.

Lantas apa sebenarnya manfaat Air Zam-zam ya? Bagi umat Islam, air zam zam merupakan air suci yang sumur mata airnya terletak di kawasan Masjidil Haram tepatnya sebelah tenggara Kabah dan memiliki kedalaman 42 meter.

Sumur air zamzam pertama kali ditemukan oleh Siti Hajar yang berlari bolak-balik antara bukit Safa dan Marwah. Ibunda Nabi Ismail itu pun akhirnya diberikan petunjuk lewat Malaikat Jibril dan tiba-tiba keluarlah mata air zamzam dari sela-sela jari kaki Nabi Ismail yang tengah kehausan.

Ternyata, banyak keunikan tentang air zamzam. Mata airnya tidak pernah kering meski dipompa terus menerus oleh jutaan orang dari seluruh dunia. Tapi untungnya kontrolnya juga luar biasa sehingga airnya tidak luber alias tidak mubazir. Padahal, kalau dihitung-hitung, bisa saja loh bumi tenggelam lantaran air zamzam yang pancaran airnya deras. 

Sebuah mukjizat dari Allah SWT adalah ketika sumur Zamzam yang dipompa terus menerus tanpa henti dengan tingkat 8 ribu liter/detik, permukaan sumur yang 10.6 kaki dibawah permukaan tanah akan turun hingga 44 kaki dibawah permukaan tanah. Dan mukjizat lainnya adalah ketika pemompaan berhenti, permukaan sumur segera kembali pada 13 kaki di bawah permukaan tanah setelah 11 menit.

Kalau di akumulasikan, akanada 690 juta liter air zamzam yang dipompa dalam 24 jam namun sumurnya terisi kembali hanya dalam waktu 11 menit! masyaAllah…

Control yang diberikan Allah dalam air zamzam ini sangat luar biasa bukan? Karena jika berlebihan, dunia benar-benar bisa tenggelam lantaran luapan air zamzam yang sedemikian besar! Karena itulah diberikan nama Zam Zam yaitu berarti ‘Stop!! Stop!!’ yang dikatakan oleh Hajirah Alaih As Salaam.

KEUTAMAAN DAN KHASIAT AIR ZAMZAM


Sahabat mozaiik islam , kali ini saya ingin berbagi tentang khasiat air yang paling mulia dimuka bumi , yaitu air zamzam. berikut ulasannya:

Pertama, air zam-zam adalah air yang penuh keberkahan. Air zam-zam adalah sebaik-baik air di muka bumi ini. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ فِيهِ طَعَامٌ مِنَ الطُّعْمِ وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ
“Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit."

Boleh mengambil keberkahan dari air tersebut karena hal ini telah diisyaratkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dianjurkan bagi orang yang meminum air zam-zam untuk memerciki air tersebut pada kepala, wajah dan dadanya. Sedangkan ngalap berkah dari benda-benda lainnya –seperti dari keris, keringat para Kyai dan batu ajaib-, maka seperti ini adalah ngalap berkah yang tidak berdasar karena tidak ada petunjuk dari Al Qur’an dan As Sunnah sama sekali.

Kedua, air zam-zam bisa menjadi makanan yang mengenyangkan.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut air zam-zam,


إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ


“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan."
Ketiga, air zam-zam bisa menyembuhkan penyakit. Sampai-sampai sebagian pakar fiqih menganjurkan agar berbekal dengan air zam-zam ketika pulang dari tanah suci untuk menyembuhkan orang yang sakit. Dalilnya, dulu ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha pernah membawa pulang air zam-zam (dalam sebuah botol), lalu beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan seperti ini. Diriwayatkan dari yang lainnya, dari Abu Kuraib, terdapat tambahan,

حَمَلَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى الأَدَاوَى وَالْقِرَبِ وَكَانَ يَصُبُّ عَلَى الْمَرْضَى وَيَسْقِيهِمْ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membawa air zam-zam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkannya dengan air zam-zam.”
Keempat, do’a bisa terkabulkan melalui keberkahan air zam-zam

Hendaklah seseorang memperbanyak do’a ketika meminum air zam-zam. Ketika meminumnya, hendaklah ia meminta pada Allah kemaslahatan dunia dan akhiratnya. Sebagaimana hal ini terdapat dalam hadits, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

“Air zam-zam sesuai keinginan ketika meminumnya.”[Maksudnya do’a apa saja yang diucapkan ketika meminumnya adalah do’a yang mustajab]

Previous
Next Post »
Posting Komentar
Thanks for your comment