Malam Jumat, Jomblo dan Sunah Rosul

Malam Jumat adalah malam yang sangat istimea buat pasangan suami istri. Bagaimana tidak, sudah banyak cerita yang mengungkapkan baha malam juam menjadi malam keramat untuk berkumpulnya suami istri dalam pelaminan. heheh. Inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan jika malam jumat banyak sekali broadcase meme, ataupun cerita lain terkait dengan malam jumat. Mulai malam jumat tidur lebih awal, malam jumat HP mati, Malam Jumat malam sunah rosul dan seterusnya.

Nah itu bagi yang memiliki pasangan. Lantas bagaimana yang jomblo? Yang masih jomblo tentu tidak bisa melakukan ritual sunah rosul bukan? Berikut ada cerita kocak dua orang santri sahabat lama yang sangat menggelitik untuk dibaca.

Adalah Simin dan Karjan. Mereka berdua ini sudah berkawan lama dan sudah biasa saling serang sindiran satu sama lainnya. Kemanapun mereka pergi senantiasa bersama-sama.

Namun setelah Simin menikah, Simin sangat jarang sekali pergi keluar rumah. Dia banyak menghabiskan waktunya di rumah bersama istrinya. Setiap kali Karjan bertanya, Simin selalu saja memiliki alasan kuat untuk tidak keluar rumah. Bahkan bisa dikatakan Simin menolak ajakan Karjan untuk pergi bersama.

“Min, ayo wedangan di HIK samping pondok,” ajak Karjan melalui pesan singkatnya kepada Simin.
“Wah, kamu kaya ndak tahu aja, Kang. Ini kan malam Jumat. Waktunya sunah rasul,” jawab Simin via HP jadulnya.

“Yo wes…” jawab Karjan.

Esoknya, Karjan tak menyerah untuk mengajak sahabatnya itu cangkrukan. Lagi-lagi Simin tidak mau.
“Kalau kemarin, malam Jumat, aku maklum. Lha, sekarang malam Sabtu, je…” kata Karjan.
“Lha, kalau malam Jum’at itu kan sunah, Kang. Tapi lainnya itu ‘wajib’. Makanya kamu cepetan nikah. Hehe,” jawab Simin.

Karjan tidak membalasnya, hanya bisa mbatin.

Beginilah nasib Jomblo memang, ndak pernah malam jumatan. Apalagi sunah Rosul. Mending saya baca Alqur'an Sak maknane wis, Batin Karjan jengkel banget.
Previous
Next Post »
Posting Komentar
Thanks for your comment