Berikut Penjelasan Badan POM Terkait Isu Produk Biskuit yang Dapat Menyala Jika Terbakar

Beberapa hari terakhir netizen sempat digegerkan dengan video biskuit yang bisa terbakar dan menyerupai plastik. Dalam video tersebit nampak beberapa anggota polisi yang sedang mempraktikan membakar biskuit.

Dalam komentarnya salah seorang polisi mengatakan bahwa, bahaya ini kalau makanan dibakar bisa sangat menyala seperti ini. Jangan-jangan ini dibuat dari plastik. Begitu katanya. Nah menanggapi berbagai dilema tersebut, Badan POM angkat bicara. Berikut statemen Badan POM yang menyebar secara viral di media sosial

Penjelasan Badan POM Terkait Isu Produk Pangan yang dapat Menyala jika Terbakar

Penjelasan Badan POM

Terkait Isu Produk Pangan yang dapat Menyala jika Terbakar

Sehubungan dengan pemberitaan di berbagai media sosial mengenai produk pangan yang dapat menyala jika dibakar, Badan POM memandang perlu memberikan penjelasan sebagai berikut:

1. Bahwa produk pangan yang mengandung lemak/minyak dengan kadar air rendah terutama yang berbentuk tipis, berpori, seperti krupuk, krekers, dan makanan ringan lainnya dapat terbakar/menyala jika disulut dengan api.

2. Bahwa produk pangan yang  terbakar/menyala tersebut tidak dapat membuktikan adanya kandungan plastik dan/atau lilin di dalam produk pangan.

3. Bahwa untuk membuktikan adanya kandungan plastik dan/atau lilin diperlukan pengujian lebih lanjut di laboratorium.

4. Bahwa Badan POM telah melakukan evaluasi keamanan, mutu, dan gizi pangan termasuk terhadap semua bahan yang digunakan untuk pembuatan pangan olahan sebelum pangan tersebut diedarkan dengan nomor izin edar Badan POM (MD atau ML).

5. Sebagai perlindungan terhadap masyarakat, Badan POM terus melakukan pengawasan terhadap kemungkinan beredarnya produk yang tidak memenuhi syarat.

6. Dihimbau kepada masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

     -     Contact Center HALO BPOM di nomor telp. 1-500-533 atau

     -     SMS: 0-8121-9999-533, atau

     -     email: halobpom@pom.go.id, atau

     -    Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

3 Maret 2016

Biro Hukum dan Humas Badan POM

Previous
Next Post »
Posting Komentar
Thanks for your comment